Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Macam Macam Jaringan Nirkabel

Rabu, 01 Oktober 2014



Macam Macam Jaringan Nirkabel



Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya, seperti kabel, switch, hub, router dll yang saling terhubung satu sama lain yang didesain untuk dapat saling berkomunikasi serta mengakses informasi.
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
• Membagi fungsi sumber daya seperti berbagi pemakaian printer, CPU, RAM, harddisk
• Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
• Akses informasi: contohnya web browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Adapun macam-macam jaringan komputer yaitu :
Local Area Network (LAN)
Merupakan jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal yang dihubungkan dengan kabel (UTP, HUB, Switch, Router dll) yang dapat dipakai secara bersama-sama (misalnya : printer, hardisk). Contoh komputer-komputer pada jaringan LAN seperti warnet, laboratorium, kantor dll.
Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.
- Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan Komputer yang hampir sama seperti LAN namun jangkauannya lebih luas. MAN biasanya dipakai untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. MAN biasanya meliputi area seluas antara diameter 5 s.d 50  km.Seperti jaringan telepon lokal, telepon seluler antar kota.
Keuntungan dari Jenis Jaringan Komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.
Kerugian dari Jenis Jaringan Komputer MAN seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.
- Wide Area Network (WAN)
Jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain bahkan antar benua. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.
Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.
Kerugian dari Jenis Jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.
- Internet
Merupakan jaringan komputer yang menghubungkan jaringan-jaringan di seluruh dunia melalui satelit.
Keuntungan dari Jenis Jaringan Internet diantaranya adalah komunikasi dan berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi lebih mudah, penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat, penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan
Kerugian dari Jenis Jaringan Internet diantaranya adalah kejahatan dunia maya atau cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi semakin luas, transaksi barang-barang ilegal seperti narkoba menjadi marak, dan juga dapat menimbulkan fitnah karena penyampaian informasi yang salah.
Berdasarkan media pengiriman atau transmisi data yang digunakannya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:
1. Jaringan kabel (Wired Ne
twork)



Yaitu jaringan komputer yang media transmisinya berupa kabel penghantar. Pada jaringan jenis ini, pengiriman data dari satu komputer ke komputer lainnya dilakukan melalui kabel penghantar tersebut dalam bentuk sinyal-sinyal listrik.
Keuntungan Jenis Jaringan kabel seperti transmisi data ke pengguna lebih cepat tidak memerlukan keamanan yang ketat.
Kerugian Jaringan kabel pengguna akan terbatasi untuk terhubung karena ada pemakaian kabel jaringan.
2. Jaringan tanpa kabel (Wireless Network)
Gambaran koneksi antara komputer melalui router
Yaitu jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel. Pengiriman data pada jaringan jenis ini dilakukan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik, seperti gelombang radio, bluetooth, inframerah dan microwave.
Keuntungan Jenis Jaringan Wireless seperti kenyamanan untuk terhubung ke jaringan tanpa dibatasi oleh kabel, lebih ke arah pengguna yang memerlukan mobilitas yang tinggi, dan tidak terlalu memerlukan kabel jaringan.
Kerugian Jenis Jaringan Wireless seperti transmisi data kepada para pengguna yang lebih lambat dari penggunaan jaringan dengan kabel, memerlukan keamanan yang ketat karena orang yang berada di luar jaringan bisa menerobos ke dalam jaringan Wireless.
3.    Wireless Personal Area Nework (WPAN)
                        Wireless Personal Area Network (WPAN) merupakan teknologi jaringan nierkabel hanya dapat menjangkau area yang dekat. Contohnya Bluetooth dan infrared


Arti dari WPAN sendiri adalah : Wireles Personal Area Network
Wireles Personal Area Network Sering Disebut dengan jaringan area pribadi, dengan kata lain adalah suatu jaringan komputer atau sebuah titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti pada komputer, ponsel, tlpon, televisi, atau pada sistem kemanan rumah yang berbasis komunikasi data personal ataupun perangkat komunikasi public seperti internet.
Teknologi dan protocol yang digunakan PAN diantaranya adalah WIfi, Wireles Application protocol (WAP), Bluetooth, Infrared dan masih banyak lagi.
pada Personal Area Netwok hanya mampu menjangkau beberapa meter saja, tetapi juga bisa mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer apabila memanfaatkan jaringan Global.






Analisis Kebutuhan Hardware dan Software Sebuah Jaringan Komputer

Disini  menganalisis kebutuhan hardware dan software sebuah jaringan computer diwarnet.
Warnet merupakan salah satu tempat usaha yang memakai system jaringan computer dalam melakukan operasinya, agar jaringan computer di warnet tersbut terhubung ke internet diperlukan sebuah koneksi melalui jasa ISP ( internet service provider ).

Analisis Kebutuhan
Untuk membuat sebuah sistem jaringan computer pada warnet diperlukan beberapa hal yang harus ada, agar sistem jaringan computer ini bisa berjalan sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan kepentingan. Hal – hal yang dibutuhkan dalam sebuah sistem jaringan computer meliputi hardware dan software yang sesuai dengan kebutuhan, berikut beberapa perangkat yang dibutuhkan dalam sebuah sistem jaringan computer di warnet.

1. HARDWARE
 

 



Untuk hardware dibutuhkan 1 buah computer yang dipakai untuk server dan beberapa computer yang dipakai untuk client. Spesifikasi setiap computer yang ada harus sesuai dengan kebutuhan pada warnet agar layanan yang tersedia di warnet tersebut dapat berjalan dengan semestinya, diantaranya:
• Jika terdapat layanan game online sehingga VGA yang dibutuhkan adalah VGA yang memiliki resolusi yang tinggi minimal 128 MB, dan memiliki memori minimal 512 ini diperlukan agar dapat memainkan game yang 3D yang membutuhkan spesifikasi yang besar.
• Prosesor yang dibutuhkan minimal 3,5 Hetz.
• Memori atau RAM yang dibutuhkan minimal 1 GB.
• Hardisk yang digunakan minimal 20 GB untuk client dan untuk server 40 GB. Karena fungsi penyimpanan di computer client tidak terlalu besar berbeda halnya dengan di server sehingga memerlukan kapasitas yang lebih besar.

2. SOFTWARE
 


Yang paling dibutuhkan untuk software di warnet yaitu:
• Sistem Operasi yang digunakan sebaiknya sama atau untuk server digunakan Sistem Operasi khusus server minimal untuk client adalah Microsoft windows XP.
• Yang paling penting adalah Billing, yaitu sebuah aplikasi yang dipakai untuk membantu melakukan perhitungan waktu dan biaya.
• Web Browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dll)
• Alamat IP, alamat IP yang digunakan pada jaringan local di warnet menggunakan IP versi 4 kelas C karena hanya terdiri dari belasan computer.
• Download Manager.
• Aplikasi Game Online jika ada layanan Game Online

3. ALAT JARINGAN
1. ROUTER
2. NIC (Network Interface Card)
3. SWITCH/ HUB
4. Cable UTP
5. Konektor RJ45

4. TOPOLOGI JARINGAN
Ada beberapa macam topologi jaringan seperti Topologi Bus, Topologi Ring, dan Topologi Star.

ANALISIS
Disini saya mencoba menganalisis jaringan computer di sebuah warnet

ANALISIS HARDWARE
Hardware yang digunakan di warnet tersebut :
• SWITCH 16 port ini sesuai dengan jumlah computer yang ada di warnet tersebut dan untuk pengembangan lebih lanjut SWITCH ini masih bisa dipergunakan karena masih tersisa beberapa port lagi yang masih digunakan apabila dikemudian hari ada penambahan computer lagi. Karena pada saat ini hanya dipakai 9 port yang artinya masih ada 7 port lagi yang masih bisa digunakan jika ada penambahan computer.
• Kabel UTP cat 5 yang compatible dengan kecepatan 100/10 MBPS dan memiliki jangkauan 100 meter ini masih bisa digunakan apabila dikemudian hari ada penambahan computer dengan jangakuan tidak lebih dari 100 m, namun bila lebih dari 100 m otomatis cable ini sudah tidak bisa digunakan lagi karena jangkauannya kurang.
• Router yang digunakan pada saat ini adalah TP-LINK compatible untuk kecepatan 1024 Kbps. Apabila kecepatan nya akan ditambah otomatis router ini sudah tidak optimal untuk dipakai harus ada penggantian sesuai dengan kecepatan yang akan dipakai.
• Server
o Prosesor
o Hardisk
o VGA
o RAM
o NIC

• Client
o Prosesor
o Hardisk
o VGA
o RAM
o NIC

• Monitor yang dipakai untuk client adalah LCD sebesar 17″ inci yang dapat menampilkan resolusi lebih dari 1024×764 ini cukup baik untuk dapat menampilkan game dengan cukup baik dan enak dipandang. Sedangkan untuk server menggunakan LCD sebesar 19″ inci.
ANALISIS SOFTWARE
• SO (system Operasi) system operasi yang digunakan saat ini adalah windows baik untuk client maupun server, untuk saat ini system operasi ini dirasa cukup karena sudah kompatibel dengan banyak aplikasi serta game online yang tersedia, namun dengan spesifikasi H/W yang dimiliki tidak perlu ada pergantian H/W apabila system operasi yang ada akan di ganti.
• Billing
• Web Browser, dalam hal web browser terdapat banyak pilihan yang bisa digunakan di warnet ini, dan system operasinyapun masih bisa kompatibel dengan web browser yang ada.
• Anti virus, anti virus yang digunakan adalah SMADAV dan AVG
• Game Online, aplikasi ini diperlukan agar pengguna dapat masuk ke game online untuk sekarang H/W yang digunakan masih bisa digunakan untuk game-game 3D baru.

TOPOLOGI JARINGAN
Topologi yang dipakai yaitu topologi Star, berikut contoh gambarnya.
dvswgfsgcx
Ket:
1. Komputer Server
2. Komputer Client
3. Kabel UTP yang menghubungkan client dengan Switch,serta server dengan switch
4. Switch 16 Port
5. Kabel UTP yang menghubungkan server dengan Router
6. Router
7. Printer yang sudah di sharing sehingga bisa digunakan komputer manapun di jaringan.
8. Telephone untuk terhubung dengan ISP

KONFIGURASI TCP /IP
untuk konfigurasi TCP /IP, seperti berikut:
Komputer Server IP : 192.168.0.1
Client : 192.168.0.2 – 192.168.0.9
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.0.1
Preferred DNS Server : 222.124.204.35
Alternate DNS Server : 208.67.220.220



SISTEM OPERASI ( OPEN SOURCE DAN CLOSE SORCE )



      Sistem operasi (Operation System) adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer. Sumber daya ini dapat berupa perangkat keras (hardware) maupun program aplikasi.



Ada 2 macam sistem operasi :






1.Open source




    Open source adalah perangkat lunak dimana kode program terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan. Jika ada pembuat perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode programnya diubah atau dimodifikasi, maka bukanlah disebut sebagai open source walaupun kode program dari perangkat lunak tersebut tersedia.



       Open source (kode program terbuka) dipopulerkan tahun 1998. Sejarah perangkat lunak open source lahir sejak kultur hacker berkembang di laboratorium-laboratorium komputer di universitas-universitas Amerika seperti Stanford, Berkeley, Carnegie Mellon, dan MIT pada tahun 1960-an dan 1970-an.Sistem operasi open source dinggap menguntungkan, khususnya oleh para pengguna open source. Beberapa keuntungan dan kerugian dari open source :



Keuntungan



1.      Banyak tenaga (SDM) yang berperan mengerjakan proyek

2.      Kesalahan (bugs, error) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki

3.      Kualitas hasil lebih terjamin karena komunitas melakukan evaluasi

4.      Lebih aman

5.      Hemat biaya

6.      Tidak mengulangi development



Kekurangan



1.      Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source

2.      Tidak adanya proteksi terhadap HAKI



Contoh Sistem operasi yang termasuk Open Source adalah



·         Linux:Ubuntu, Red Hat,  Mandriva, CentOS, Fedora, Blankon, OpenSUSE, Clear OS

Open BSD dan Free BSD

·         Open Solaris dan Solaris

·         Android





2. Close Source


     Close Source adalah Sistem operasi yang codenya tidak dibuka untuk umum, pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi dengan gratis maupun membayar. meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah sistem operasi tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka sistem operasi ini tidak open source.



Keuntungan Closed Source


1.      Kestabilan sistem terjamin karena ada penangung jawab resmi.

2.      Support langsung dari pemilik aplikasi /program.

3.      Mudah mendapatkan sertifikasi.

4.      Lebih mudah digunakan / dipelajari / dipahami karena mayoritas pengguna menggunakannya ( pada daerah tertentu ).



Kekurangan Close Source


1.      Tidak ada support khusus / langsung dari pembuat (developer).

2.      Celah yang terbuka, bisa dimanfaatkan untuk pengambilan informasi.

3.      Sosialisasi pemakaian, agak sulit, karena umumnya pengguna menggunakan close source (e.g.Windows),hanya pada daerah tertentu).

4.      Sulit untuk mendapatkan sertifikasi.

5.      Adanya lisensi yang mengharuskan pengguna untuk menyediakan dana /financial.

6.      Pengembangan terbatas.

7.      Diperlukan antivirus.

8.      Aplikasi umumnya tersedia berbayar.

9.      Deteksi kelemahan aplikasi menunggu feedback dari pengguna.



Contoh Sistem operasi yang termasuk Close Source adalah



·    Microsoft Windows

1. Operating System (Sistem Operasi), contoh :Microsoft Windows



2. Languages (Bahasa Pemrograman), contoh : VisualBasic, ASP, Pascal



3. Web Browser, contoh : Internet Explorer



4. Aplication (Aplikasi), contoh : Adobe Photoshop,CorelDraw

   - Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi perangkat lunak editor gambar buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, Photoshop Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa unggulan fitur yang mampu bekerja maximal, hingga mensuport beberapa file, sehingga bagi kamu seorang desain grafis, ini merupakan salah satu syarat jika kamu pengen masuk ke dunia desain grafis, photoshop dengan segala fasilitasnya.

Photoshop mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP (Lihat tulisan mengenai  BITMAP VS VECTOR). Oleh karena itu Photoshop seringkali digunakan oleh para

fotografer karena foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP. Saat ini Photoshop merupakan

perangkat lunak terbaik di kelasnya. ‘Hampir’ tidak ada tandingannya.



5. Office Suites (Aplikasi perkantoran), contoh :Microsoft Office



6. Server Aplication (Server), contoh : ColdFusion,IIS



7. Antivirus, contoh : Norton Antivirus, McAfee



8. Games, contoh : FIFA 2006, Winning Eleven,Spiderman



langakah-langkah menginstal

  1. . Sebelum meng-install ubuntu, kita harus mengatur BIOS terlebih dahulu. Cara masuk ke BIOS nya kita tinggal menekan tombol “Del atau F2” pada waktu komputer melakukan proses booting pertama. Anda harus melakukannya dengan cepat, sebab apabila tidak cepat komputer akan masuk ke OS yang ada di hardisk, tapi apabila anda “lebih cepat” maka akan muncul tampilan sebagai berikut :Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  2.  Setelah itu kita pilih menu “Boot”, maka akan ada tampilan sebagai berikut :Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  3. . Kemudian kita pilih “Boot Device Priority” maka akan ada tampilan sebagai berikut : Setelah itu kita setting Boot pertama pada CD-Room.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  4. . Setelah Boot pertama kita setting pada CD-Room, sekarang kita tinggal menyimpan konfigurasi yang tadi telah kita lakukan dengan cara menekan F10.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  5. . Setelah konfigurasi pada BIOS kita simpan, maka akan muncul tampilan pada layar sebagai berikut : Kemudian pilih “Start or Install Ubuntu” untuk memulai menginstall.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  6. . Setelah kita memilih “Start or Install Ubuntu” maka akan ada tampilan pada layar seperti berikut :Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  7. . Selanjutnya kita harus memberikan partisi pada harddisk terlebih dahulu, klik “System > Administration > Gnome Partition Editor “. Tampilannya adalah sebagai berikut :Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  8. . Setelah itu akan muncul tampilan pada layar sebagai berikut : Apabila kita ingin membuat partisi baru, klik kanan di area hitam muda lalu tunggu hingga muncul gambar seperti di atas.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  9. . Setelah klik kanan di area hitam maka akan muncul gambar seperti berikut : Klik “Create” untuk memulai membuat partisi.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  10.   Kemudian akan muncul tampilan pada layar seperti berikut : Klik kanan di area hitam muda, hingga muncul gambar diatas, dan jangan lupa kita harus menentukan berapa besar partisi yang akan digunakan. Klik add bila sudah mengkonfigurasinya.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  11.   Setelah kita mengklik add maka akan muncul warna biru pada area hitam muda, pada gambar diatas masih terdapat area hitam muda, hal ini dikarenakan masih adanya ruang harddisk yang tersisa. Untuk itu maka klik kanan lagi lalu pilih new.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  12. . Pada gambar diatas area yang kosong tadi akan digunakan sebagai partisi swap, kemudian klik add, (linux minimal membutuhkan partisi swap dan root)Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  13. . Setelah itu bila kita ingin melakukan tindakan pemartisian harddisk yang telah dilakukan tadi, maka klik apply hingga muncul tampilan sebagai berikut : Klik apply lagi, kemudian tunggu proses loadingnya.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  14. . Setelah proses pemartisian harddisk selesai kita lakukan maka akan muncul tampilan sebagai berikut: Kemudian klik “Close”.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  15. . Untuk langsung menginstallnya kita dapat mengklik icon INSTAL di desktop dan tunggu loadingnya hingga muncul tampilan sebagai berikut : Dalam gambar diatas kita disuruh untuk menentukan bahasa yang akan kita gunakan, setelah selesai memilih klik forward.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  16. . Setelah klik forward maka akan muncul tampilan sebagai berikut : Disini kita akan menunjukan di mana kita berada, karena dengan menunjukan dimana kita berada, system ubuntu akan menyetel format waktu GMT, bila sudah selesai klik forwardModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  17.   Setelah mengklik forward maka akan muncul tampilan sebagai berikut Pada gambar diatas kita di suruh untuk menentukan jenis keyboard yang akan kita gunakan, setelah selesai klik forward.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  18.   Setelah selesai mengklik forward, maka akan muncul tampilan sebagai berikut : Tampilan ini dimaksudkan untuk mengisikan identitas kita. perlu diingat saat mengisi username huruf yang digunakan harus kecil semua dan tidak boleh ada spasi, hal yang sama saat kita mengisi nama komputer kita.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  19.   Klik forward hinnga muncul gambar sebagai berikut : Dari tampilan diatas ada dua pilihan yaitu “Erase disk dan Manual edit”. Yang dimaksud dengan erase disk adalah menghapus semua isi dari hardisk, namun ini cukup berbahaya apabila anda mempunyai data yang sudah disimpan di harddisk. Untuk amannya pilih manual edit partition. Setelah itu klik forward.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  20.   Setelah klik forward, maka akan muncul gambar sebagai berikut : Karena kita tadi sudah membuat partisi maka Klik Fordward.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  21.   Setelah klik forward, maka akan muncul gambar sebagai berikut : Dari gambar di atas kita disuruh untuk menentukan “Mount Point” dari dua partisi yang telah kita buat tadi, buatlah seperti gambar di atas.setelah itu klik forwardModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  22.   Setelah klik forward, maka akan muncul gambar sebagai berikut : Ini adalah konfigurasi global yang telah kita buat untuk menginstall, klik install (bila sudah mantap dengan konfigurasinya).Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  23.   Klik install hingga muncul gambar sebagai berikut : Bila komputer anda menunjukan seperti ini, maka ubuntu sedang menyalin system ke dalam komputer anda. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan loadingnya tergantung dari performa dari komputer yang anda miliki. Setelah itu tunggu hingga selesai.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  24.   Setelah selesai maka akan tampil tampilan sebagai berikut : Bila tampilan layar di komputer tampak seperti diatas maka berarti instalasi ubuntu di komputer anda telah selesai.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  25. • Masukkan CD Ubuntu • Restart Ulang Komputer kemudian Tampilan Instalasi akan munculModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  26.   • Pilih Lokasi, bahasa, setting keyboard selama proses instalasiModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  27. . • Tentukan hostname untuk mengidentifikasi komputer pada jaringanModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  28. . • Pilih Resolusi yang sesuai dengan layar monitor.Modul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  29. . • Ubuntu memeriksa IDE Harddisk yang akan digunakan • Harddisk akan memberikan informasi partisi dengan label dan ukuran • Kemudian Pilih Format hardisk untuk proses installasiModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  30. . • Masukkan nama pengguna dan pengguna lengkap • Username akan digunakan untuk memasuki sistem linuxModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  31. . • Untuk mengakhiri proses instalasi masukkan sandi dan konfirmasi sandiModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  32. . • ada saat menginstall Linux Ubuntu IP yang digunakan menggunakan DHCP, berikut ini cara merubah setting IP pada Ubuntu yang masih menggunakan DHCP ke Static IP dengan menggunakan GUI . Untuk setting IP Static, buka System - Administrator - Networking, kemudian pilih icon Wired connectionModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan
  33. . • Lakukan klik pada Properti Wired connection lalu akan muncul window Setting for interface eth0, Anda tinggal melakukan klik pada drop-down box dan pilih Static IP address. DEPANModul 12 Melakukan instalasi sistem operasi jaringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading